islami

Kamis, 13 Desember 2012

Urgensi Syahadatain (dua kalimat syahadat)

Syahadat adalah pintu gerbang Islam. Untuk masuk Islam, orang harus menyatakan persaksian atas kebenaran Islam itu dengan mengucapkan syhadatain ini. Syahadat tauhid merupakanpengakuan terhadap ketuhanan Alloh yang menurunkan sistem ini kepada Nabi-NyaSyahadat rasul merupakanpengakuan bahwa Muhammad saw. harus dijadikan panutan dalam menjalankan Islam.
Rasululloh bersabda : “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mengucapkan ‘laa ilaha illallah’, apabila mereka telah mengucapkan ‘laa ilaha illallah’, maka darah dan harta mereka menjadi suci
Syahadatain merupakan intisari ajaran Islam, secara global islam terdiri atas aqidah dan syariat. Sisi-sisi lain Islam terdiri dari ibadah, akhlaq, muamalat merupakan implementasi syahadat tauhid dan syahadat rasul ini. Bisa dikatankan seperti syarat diterimaunaya ibadah itu ada dua, ikhlas karena Alloh dansesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasululloh Muhammad saw.
Syahadatain sebagai aza perubahan, ketika hendak membangun masyarakat baru di atas puing-puing jahiliyah, Rasulullh saw. tidak mengawali perubahan itu dari politik, ekonomi atau yang lain. beliau saw. mengawali dengan apa yang ada didalam jiwa. Hal paling penting yang ada dalam jiwa itu adalah keyakinan. Dengan syahadatain itu, terjadilah perubahan besar yang sangat mendasar dalam seluruh aspek kehidupan.
Syahadatain sebagai dakwah para rasul,
Syahadatain sebagai fadhilah dan keutamaan yangbesar, “Barangsiapa mengucapkan laa ilaha illallah, ia masuk surga”, “Barangsiapa mati sedang ia mengetahui bahwa tidak ada Tuhan selain Alloh, ia masuk surga”, “Dua kata yang ringan diucapkan namun berat timbangannya, yakni: laa ilaha illallah, Muhammad rasululloh“.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar